Post Top Ad

Post Top Ad

analag to digital converter (ADC 0pada AVR ATmega8535 / analag to digital converter atega 8535

Fitur yang dimiliki ADC Internal ATmega8535 :
·          Resolusi 8/10 bit
·          Waktu konversi 65 – 260 us
·          8 kanal input termultiplek (single ended)
·          7 kanal input (differential)
·          2 kanal input dengan penguatan 10x dan 200x (differential)
·          V input : 0 – Vcc
·          V reff internal 2,56V (alternative)
·          Mode konversi free running, single conversion atau auto trigger.
Sistem operasi ADC pada ATmega8535 :
ADC akan mengkonversi sinyal analog input ke 10 bit digital. Nilai minimal (0) mempresentasikan ground dan nilai maksimal (1024) mempresentasikan tegangan referensi (Areff) – 1 LSB untuk 10 bit. 8 channel analog input dapat dipilih dengan mengatur register ADMUX. ADC di aktifkan dengan memberi nilai ‘1’ ke bit ADEN pada register ADSCRA. Hasil konversi akan ditampung dalam register ADCH dan ADCL.
MODE OPERASI ADC :
1.        Single Conversion
Pada mode ’single conversion’ dimulai dengan menulis logika ‘1’ ke bit ADSC, dan bit ini akan tetap pada kondisi ‘1’ selama konversi dan akan menjadi logika ‘0’ ketika konversi telah selesai.
Timing Diagram, mode single conversion
2.        Auto Trigger
Start konversi dapat dipicu secara otomatis oleh beberapa sumber picu, tentunya ‘auto triggering’ di-enable dulu dengan men-set nilai ADATE pada ASCSRA. Sumber picu dapat dipilih dengan men-set ADTS (ADC Trigger Select) dalam register SFIOR. Ketika sisi positif sinyal picu dating, proses konversi ADC akan dimulai.
Timing Diagram ADC mode Auto Trigger
3.        Mode Free Running
Pada mode ini, ADC bekerja secara konstan dan kontinyu akan meng-update nilai ADC. Dalam mode ini konversi pertama harus diawali dengan men-set ‘1’ bit ADCSC. Pada mode ini, ADC tidak tergantung interupsi ADIF apakah ‘1’ atau ‘0’




Biografi Penulis
Taufik Adi Sanjaya. Numpang lahir di Garut, Jawa Barat. Dibesarkan di Kulon Progo.  S1 Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Konsentrasi Study yang diambil adalah Kendali Industri. Kegiatan yang dilakukan saat ini adalah  bermain-main dengan bahasa Pemrograman Delphi (khususnya Akses Port Paralel PC, Database dan Reporting, Akses SMS pada HP) Pernah juga sedikit belajar tentang Visual Basic, serta bahasa C. serta sedikit belajar pengembangan web sederhana dengan Joomla (Open Source) . Jasa Pembuatan Web dengan Joomla, Hobi menulis artikel singkat, membaca buku


atau facebook : taufikadi@yahoo.co.id
KUNJUNGI WEBSITE DAGANGAN KAMI KLIK PADA TEKS BERKEDIP INI