Post Top Ad

Post Top Ad

Membuka tabir rahasia Menampilkan gambar berformat Jpeg ke dalam komponen image1 (how to showing picture to image1 delphi ))

Sebuah pengalaman penulis yang sangat menggelikan , ketika mencoba mengambil gambar dari folder  melalui komponen opendialog untuk di tampilkan pada komponen image, ternyata mudah bagi yang sudah mengetahui rahasianya namun begitu sulit bagi penulis saat itu, padalah rahasia yang ada hanya berupa huruf berjumlah 4 (karakter).
Secara mudah penjelasan teoritis nya : format standard gambar yang dapa ditampilkan pada komponen image pada Delphi (ada pada kompnen palete : additional) adalah gambar dengan format bitmap, sedangkan gambar yang akan ditampilakn berformat jpeg, namun secara anehnya ketika kita load gambar langsung melalui komponen tersebut (image1) sebelum eksekusi (melalui object inspector> picture lalu telusuri gambar dari komputer), maka gambar dapat langsung tampil, berbeda dengan ketika kita load gambar dengan format Jpeg dari folder dengan komponen opendialog.

Dengan sourcecode kurang lebih :
procedure TForm1.ButtonCariGambarClick(Sender: TObject);
begin
if opendialog1.Execute then
image1.Picture.LoadFromFile(opendialog1.FileName);
end;
catatan : GAMBAR yang di pilih dengan format Jpeg.
Maka akan muncul pesan error yang intinya format gambar tidak didukung.

Untuk mengatasi hal tersebut maka pada jajaran  uses (pada unit penulisan sourcecode) tambahkan Jpeg, sehingga menjadi 

 
Selanjutnya silakan eksekusi program dan load gambar dari folder melalui komponen open dialog




Biografi Penulis
Taufik Adi Sanjaya. Numpang lahir di Garut, Jawa Barat. Dibesarkan di Kulon Progo.  S1 Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Konsentrasi Study yang diambil adalah Kendali Industri. Kegiatan yang dilakukan saat ini adalah  bermain-main dengan bahasa Pemrograman Delphi (khususnya Akses Port Paralel PC, Database dan Reporting, Akses SMS pada HP) Pernah juga sedikit belajar tentang Visual Basic, serta bahasa C. serta sedikit belajar pengembangan web sederhana dengan Joomla (Open Source) . Jasa Pembuatan Web dengan Joomla, Hobi menulis artikel singkat, membaca buku


atau facebook : taufikadi@yahoo.co.id
KUNJUNGI WEBSITE DAGANGAN KAMI KLIK PADA TEKS BERKEDIP INI