Thursday, September 11, 2014

HUKUM OHM (2) by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

HUKUM OHM (2)
Setelah kita mengetahui bahwa sebuah SUMBER TEGANGAN mempunyai beda potensial yang di nyatakan dalam VOLT, dan sudah mengetahui tentang perlawanan listrik yang alat nya di namakan RESISTOR yang satuan nya OHM, bagaimana kalau Resistor tersebut kita hubungkan dengan Sumber tegangan ?
Dalam praktek kawat yang pendek kita anggap hambatan nya NOL, dan di pasaran di jual resistor resistor jadi yang nilai nya bermacam macam.
Kita misalkan sebuah accu motor dengan tegangan 12 Volt mempunyai kemampuan mengeluarkan arus 7A.
Dihubungkan dengan resistor sebesar 10 Ohm, maka arus akan mengalir dari positip lewat kabel, masuk ke salah satu kaki resistor kemudian keluar dari kaki yang lain ke kabel lain terus masuk ke negatif accu.
Menurut George Simon Ohm, maka kuat arus yang mengalir berbanding lurus dengan tegangan sumber nya tetapi berbanding terbalik dengan nilai Hambatan nya

Atau di nyatakan dengan Rumus :
I = V / R
Berbanding lurus artinya = jika tegangan di besarkan arus semakin besar
Berbanding terbalik artinya = jika Nilai Resistor di besarkan JUSTRU arus akan semakin kecil (terbalik)
Kalau kita akan menghitung maka :
Satuan I adalah dalam Ampere
Satuan Tegangan dalam Volt
dan Satun Hambatan Listrik dalam satuan Ohm (untuk menghargai George Simon Ohm) .
Pada gambar di nyatakan sumber tegangan = 12 V
Resistor = 10 Ohm
Maka arus yang akan mengalir sebesar = I = 12 / 10 = 1,2 A
Pengertian resistor menghambat arus bukan berarti bahwa arus yang masuk ke resistor besar kemudian keluarnya kecil, arus yang masuk ke resistor, di dalam resistor dan yang keluar resistor sama besar. (pada gambar arus yang mengalir di tulis I)
Mungkin akan ada pertanyaan itu di badan accu di tulis tulisan 7 A apa itu ?? Ampere yang tertulis pada accu adalah kemampuan accu mengeluarkan arus, artinya accu tidak dapat mengeluarkan arus lebih dari 7 A.
Sedangkan arus yang MENGALIR tergantung pada nilai tegangan sumber nya, dan Nilai Hambatan nya.
Gambar sebelah kiri adalah gambar 2 dimensi dalam praktek, tetapi dalam gambar orang teknik elektronika lebih mudah menggambar secara skema yang di gambarkan seperti gambar di sebelah kanannya.
Dimana battery / accu di gambar pada sisi positip lebih panjang dari sisi negatif nya (pada gambar itu masih ditulis simbol plus dan minus) pada saat lain tidak akan di tulis lagi. Simbol resistor di gambar seperti gambar kanan juga ...
(Catatan penting : tegangan selalu ada antara dua titik)



Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, 
Jetis, Bantul 55781.


Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, kendali lampu via internet, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com

0 comments:

Post a Comment

Silakan dikomentari

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India