Thursday, September 11, 2014

PRINSIP KERJA TRANSFORMATOR by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

PRINSIP KERJA TRANSFORMATOR
Setelah kita tahu prinsip kerja inductor baik saat di beri tegangan DC dan kerja induktor saat di beri tegangan bolak balik, maka sudah saat nya kita belajar tentang Transormator.
Materi ini hanya mengurai prinsip kerja saja tidak kita bahas secara mendalam termasuk hitung hitungannya (jadi materi nya hanya sekedar "just to know").
Jika lilitan kawat kita lilit pada inti besi (kern) kemudian kita lilit lilitan kedua pada inti besi yang sama. maka kita sama dengan membuat sebuah transformator (transformer).
Ada yang unik dari konstruksi 2 buah induktor yang dililit pada satu inti ini yaitu tegangan yang keluar bisa lebih besar atau lebih kecil dari tegangan yang masuk.
Makin banyak lilitan ke dua, makin besar tegangan yang timbul. Misalkan lilitan 1 = 100 lilit, dan lilitan ke 2 = 1.000 lilit, maka perbandingan lilitan 10 kali, maka tegangan yang keluar akan 10 kali lebih besar.
Sebaliknya jika lilitan sekunder (kedua) lebih sedikit dari lilitan ke satu maka tegangan yang keluar pada sekunder nya malah akan lebih rendah dari tegangan yang masuk.
Cara kerja Trafo = transormator = transformer, secara sederhana adalah sbb :
1. Ketika Lilitan pertama (primer) kita beri tegangan bolak balik, maka akan timbul kuat medan magnet yang mengembang dan mengempis dan berbolak balik.
2. Medan Magnet ini akan bergerak "memotong - motong" lilitan kedua (sekunder).
3. Akibat peristiwa no 2 itu, maka timbul tegangan listrik pada ujung ujung lilitan sekunder.
4. Makin banyak lilitan sekunder di banding lilitan primer, makin besar juga tegangan yang timbul di sekunder trafo.
5. Dengan cara ini maka kita bisa menaikkan (step up) atau menurunkan tegangan (step down) dari tegangan yang masuk.
6. Karena tegangan yang masuk berbolak balik maka tegangan yang keluar pun akan berbolak balik.
Jika lilitan primer cukup banyak sehingga R nya sudah besar, maka R seri pada gambar boleh di hilangkan, selain itu ada istilah yang dinamakan XL (reaktansi induksi) yang akan diterangkan kemudian.
Inilah prinsip kerja transformator.



Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, Jetis, Bantul 55781.

Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com

0 comments:

Post a Comment

Silakan dikomentari

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India