Thursday, September 11, 2014

PENGENALAN LILITAN KAWAT (INDUCTOR) by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

PENGENALAN LILITAN KAWAT (INDUCTOR)
Komponen ini sangat lah sederhana, berupa lilitan kawat, bisa beberapa lilit atau puluhan sampai ratusan lilitan kawat.
Bisa di lilit di bahan isolator, misalkan plastik atau keramik, atau bisa juga di lilit pada inti besi (kern), bisa juga di lilit kan pada serbut besi yang (katanya) di hilangkan sifat magnetannya, kemudian di padatkan atau yang disebut ferrit.
Karena lilitan kawat di "tumpuk tumpuk", maka agar antar tumpukan kawat atau kawat di sebelah nya tidak konslet maka kawat itu di bungkus isolator tipis yang disebut lapisan "email".... tapi (bukan email = electronic mail ya...hehehe...)
Tetapi perlu di ketahui dasar dasar nya dahulu :
Sebuah kawat yang di berikan tegangan DC lewat R, maka di sekitar kawat itu timbul medan magnet(seperti pada gambar).
Dan Jika tegangan (dan arusnya) di hilangkan maka medan magnet itu akan hilang pula, kalau tegangan kita "putus putus" ON - OFF dengan menggunakan sakelar, maka medan magnet itu ada dan tidak.
Tetapi medan magnet ini sangat kecil, Jika kawat itu di lilit dengan jumlah lilitan yang banyak dan kawat yang panjang maka medan magnet yang kecil di sekitar kawat akan menjadi besar di sekeliling lilitan kawat tersebut seperti pada gambar.



Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, Jetis, Bantul 55781.

Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com

0 comments:

Post a Comment

Silakan dikomentari

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India