Post Top Ad

Post Top Ad

Membayangkan Arus Listrik mengalir (lanjutan) by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

Membayangkan Arus Listrik mengalir (lanjutan)
Jika sebuah battery di hubungkan dengan seutas kawat alumunium misalkan, maka pada saat itu juga elektron elektron terluar dari atom atom paling ujung (positip) dari kawat akan melompat mengisi lubang pada kutub positip battery, dan secara beruntun atom disebelahnya mengisi lagi hole dari ujung kawat alumunium tersebut, secara beruntun melompat dan saling mengisi dari sisi negatif ke sisi positip battery.
Demikian juga ujung kawat alumunium di sisi negatif yang meninggalkan lubang tadi akan di isi oleh elektron elektron dari kutub negatif.
Sampai disini kelihatan arus elektron mengalir dari negatif ke positip, yang sesungguh nya itu lah arus listrik.
Sesungguh nya arus listrik adalah arus elektron yang berpindah dari negatif ke positip tetapi coba di "bayangkan" pergeseran "hole" di kawat justru dari positip ke negatif.
Sebelum "teori" elektron ini lahir, di dahului dengan praktek (praktek lebih dahulu dari teori) dimana sudah ada anggapan terlebih dahulu bahwa arus listrik mengalir dari positip ke negatif.
Sehingga untuk "jalan tengah" di anggap saja bahwa arus listrik adalah arus atau arah hole yang bergeser dari positip ke negatif.
Kita jangan terjebak atas debat yang berkepanjangan tentang konsep ini. Kita setujui saja bahwa arus listrik adalah arus perpindahan lobang (hole) yang bergeser (berpindah dari positip ke negatif)

Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, 
Jetis, Bantul 55781.


Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, kendali lampu via internet, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com