Post Top Ad

Post Top Ad

PENGENALAN KOMPONEN DIODA by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

PENGENALAN KOMPONEN DIODA
Diode adalah komponen "semikonductor" yang akan kita perkenalkan pertama kali.
Komponen ini berbahan dasar Silkon atau Germanium (kebanyakan berbahan dasar silikon).
Pada bahasan ini kita akan sangat menyederhanakan pembuatan dioda, jika akan memperdalam lagi dipersilahkan untuk membaca referensi tambahan yang lain.
Bahan Silikon atau Germanium jika di di kotori (dopping) atau "taburi" dengan bahan Alumunium maka akan bersifat kekurangan elektron atau bersifat positip P.
Bahan Silikon atau Germanium jika di kotori (dopping) atau "ditaburi" dengan bahan Phospor maka akan bersifat kelebihan elektron atau bersifat Negatif N.
Kalau kedua bahan tersebut di pertemukan maka akan jadi komponen diode (dioda), dimana yang P di hubungkan dengan kaki dan kita namakan Anoda (A), dan yang bersifat N dihubungkan dengan kaki dan kita namakan Katoda (K).
Pertemuan kedua nya di namakan titik Pertemuan (Junction), karena itu dioda ini dinamakan juga diode pertemuan (junction diode).
Dalam praktek akan kita temukan kaki katoda diberi tanda garis dan jika di gambar secara skema tampak pada gambar sebelahnya.



Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, 
Jetis, Bantul 55781.
Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, kendali lampu via internet, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com