Post Top Ad

Post Top Ad

MENGUKUR KUAT ARUS bagian 2 by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

MENGUKUR KUAT ARUS bagian 2

Mengukur kuat arus agak lebih sulit ketimbang mengukur tegangan.
Pada bahasan lalu, saya menegaskan bahwa tegangan ada di 2 titik, sedangkan arus ada nya di 1 titik.

Pada gambar berikut kita akan mengukur besar nya kuat arus, dan sekaligus mempraktekkan hukum Ohm ....

Untuk mengukur kuat arus pada satu titik, maka kita harus MEMUTUS titik tersebut dan menggantikannya dengan ampere meter.

contoh nya adalah pada gambar berikut :
1. Pada gambar a, kita melihat sebuah battery 1,5 Volt, di hubungkan dengan sebuah R 82 ohm, jika kita hitung maka mestinya arus yang mengalir = >> I = V/R = 1,5 / 82 = 0,0183 A = 18,3 mA (18 mili ampere).
2. Sesuai pelajaran lalu bahwa arus pada titik A dan titik B sama besar, tetapi saat ini kita akan ukur di titik A saja dahulu.
3. Untuk itu titik A kita putus seperti gambar b, dan pasang AVO meter pada fungsi Ampere meter atau (posisi mili ampere) dengan batas ukur di atas arus yang akan di ukur (paling dekat di atas nya = 25 mA). seperti gambar c.
4. Karena arus mengalir dari kiri ke kanan pada gambar c, maka kabel merah ampere meter ada pada sebelah kiri dan kabel hitam ada dis ebelah kanan.
5. Maka jarum akan menunjuk mendekati 20 mA, baca dengan teliti berapakah arus yang sesungguh nya, sesuaikah dengan rumus hukum ohm ???
silahkan praktek, tetapi hanya dengan battery 1,5 volt dahulu, sebab kalau keliru bisa merusak AVO meter yang harga nya cukup mahal.


Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, 
Jetis, Bantul 55781.


Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, kendali lampu via internet, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com