Skip to main content

Load file Hex ke Arduino Board dengan EmDeBe Hex Loader (Memprogram Arduino Board dengan Programmer Suka suka)

Sebuah pertanyaan lama akhirnya terjawab dengan sangat sempurna, Bisa ga sih kalau board arduino itu mau dijadikan board sistem minimum biasa alias bukan lagi sebagai board arduino. intinya ingin tetap menggunakan board arduino tapi ga mau pake compiler nya. ceritanya begini : saya yang biasa menggunakan compiler Bascom AVR ingin memprogram arduino dengan tetep menggunakan bahasa pemrograman yang saya kuasai dalam hal ini ya Bascom AVR. Jadi saya pergunakan board Arduino sebagai sistem minimum biasa bukan lagi sebagai Arduino. alasa lainyya adalah ada sistem minimum mikrokontroller avr yang harga nya mahal ( contohnya : sistem minimum atmega128, board sama mirkokontroller nya bisa mencapai 500.000, belum power suply nya, belum kabel usb to serial 232 converternya, mahale maaak). Nah dari pada beli sistem minimum atmega128yang muahal itu, mending akalin aja board Arduino Mega 2560 yang harga nya juga lumayan murah di bawah harga
sistem minimum atmega128 yang ada di pasaran. (ide yang bagus menurut saya, hahahah)

dan tahukan anda, bahwa ternyata hal ini memang benar benar dapat dilakukan, saya terus terang pernah galau karena bingung menyelesaikan sebuah kerjaan yang butuh komunikasi serial dan sebisa mungkin powernya make USB, dan ternyata eh ternyata ketemu jawabannya setelah saya dapat share-share an ini software EmDeBe Hex Loader dari konco lawas, seperjuangan sejalur perjuangan , seperguruan tukang solder embedded system yaitu kakang saya yang bernama Sandi Saputro, software EmDeBe Hex Loader yang dibuat oleh beliau lah yang membantu saya mewujudkan salah satu mimpi saya.. trims berat untuk kang Sandi Saputro, semoga ilmunya berkah, dan ini saya bantu share supaya semakin banyak yang dapat menerima manfaat dari software EmDeBe Hex Loader yang ente bikin.

web kakang Sandi Saputro ada di http://mikrodb.com/

akhirnya saya bisa memprogram arduino dengan menggunakan compiler bascom AVR, betapa bahagianya saya saat itu, ... eit namun ini belum selesai,karena saya harus menyelesaikan kerjaan saya tersebut, dan ternyata saya baru mencobanya pada board arduino UNO dengan AT mega 328, ketika saya ganti arduino uno dengan AT mega 8, dan saya tanamkan bootloader punya arduino severino, teryata saya tidak (belum bisa memanfaatkan software EmDeBe Hex Loader ini dengan baik) mungkin besok akan saya coba lagi..


berikut contoh, saya mau blink led alias kedip kedip di board arduino.

jika menggunakan boar arduino sekaligus Arduino IDE nya:




ah nanti sampeyan pusing liat nya
ini sketch arduino full nya :

/*
  Blink
  Turns on an LED on for one second, then off for one second, repeatedly.

  This example code is in the public domain.
 */

// Pin 13 has an LED connected on most Arduino boards.
// give it a name:
int led = 13;

// the setup routine runs once when you press reset:
void setup() {               
  // initialize the digital pin as an output.
  pinMode(led, OUTPUT);    
}

// the loop routine runs over and over again forever:
void loop() {
  digitalWrite(led, HIGH);   // turn the LED on (HIGH is the voltage level)
  delay(1000);               // wait for a second
  digitalWrite(led, LOW);    // turn the LED off by making the voltage LOW
  delay(1000);               // wait for a second
}



tinggal verify lalu upload ,kedip kedip dah itu led yang ada di pin 13 arduino Uno

sketch tersebut ada di bagian example basic nya arduino
Led yang ada di board arduino ( disini saya pakai arduino uno ) ada di pin Digital 13. Bisa dilihat di pin maping di bawah ini :


catatan yah : pin digital 13 pada arduino uno sama dengan PinB.5 pada at mega 328, so nantinya kalo mau memprogram make bascom ya pastikan bahwa pin out yang di kedip kedipin adalah PinB.5


jadi source bascom avr nya jadi kurang lebih begini :
$regfile = "m328pdef.dat"
$crystal = 16000000


Config Portb.5 = Output                                     ' Pin Digital 13
Led Alias Portb.5

Do
   Toggle Led
   Wait 2
Loop
End


eh catat ya --> $regfile = "m328pdef.dat" pada beberapa versi bascom AVR ditulis $regfile = "m328pdef.dat"

kebelutan saya make bascom AVR versi 2.0.5 jadi ditulis $regfile = "m328pdef.dat" 

simpan dengan nama blink_ardu lalu compile sehingga ada file dengan nama blink_ardu.hex, file inilahyang nantinya akan kita "Tanam" ke "Arduino Uno yang diakali"

ok lanjut buka file EmDeBe Hex Loader (download dulu kumendan, buka buka aja, mau buka apaan?) kulkas isinya Aqua Dingin, bayar dulu..

setelah EmDeBe Hex Loader terbuka tampilannya adalah sebagai berikut



selanjutnya pilih nomor com nya sesuaikan dengan com yang tersedia untuk arduino nya. Kemudian pilih nama board nya. Berikut nya panggil file hex nya..



lalu klik tombol “Write Hex”, jika berhasil aka ada pesan seperti ini




Dan perhatikan hasil nya..sama dengan program arduino blink versi IDE nya arduino kan???
Silahkan unduh software EmDeBe Hex Loader nya disini.

Versi terbaru ini, silahkan unduh aja disini.

Seiring dengan pemakaian, ada info bahwa software yang versi 1.2 tidak bisa ketika dicobakan ke Arduino Mega2560. Komunikasi ke arduino nya seperti nya ga sinkron, akhir nya dg bantuan seorang kawan, mulai di revisi dan berikut silahkan unduh software nya yang versi 1.2_rev. disni.

Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, 

Jetis, Bantul 55781.
Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com


Comments

Popular posts from this blog

GROUND bagian 1 by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

GROUND bagian 1
Banyak pertanyaan kepada saya apa itu ground ? apa guna nya ? apakah selalu ground itu negatif ? Apa yang di maksud titik netral pada pencatu daya terbelah ?
Agak sulit menerangkan dengan kata kata, bahkan dari hasil diskusi saya dengan beberapa teman yang sudah pakar elektronik juga mereka menemukan kesulitan nya mengungkapkan dengan kata kata walau kita mengerti tentang ground.
Untuk itu saya mencoba menerangkan semaksimal mungkin, tetapi sesungguh nya yang"mendengar" mestinya sudah punya ilmu elektronika minimal sampai teknik penguat audio.
Jadi, jika belum memehami tentang teknik audio dan masih bingung tentang konsep dan aplikasi ground masih di maklum kan.
Pada rangkaian listrik sederhana tidak di perlukan ground, misalkan senter, (body nya terbuat dari plastik) itupun sering negatif nya di hubungkan dengan body senter terbuat dari logam.
a. Pengertian Ground
Ground adalah titik yang dianggap sebagai titik kembali nya arus listrik arus seara…

HAMBATAN LISTRIK by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

HAMBATAN LISTRIK
Pada bahasan sebelumnya sudah di tegaskan bahwa menghubungkan langsung positip dan negatip battery tidak boleh di lakukan, karena jumlah elektron yang mengalir menjadi sangat besar dan selama mengalir antara elektron saling berbenturan dan menimbulkan panas yang besar.
TETAPI
1) Jika jalan yang di lalui panjang (kawat nya panjang), maka kawat itu akan menjadi perlawanan listrik, makin panjang kawat maka perlawanan terhadap arus listrik juga semakin besar.
2) Atau kalau jalan nya arus di kawat juga di kecilkan (tebal kawat) nya di tipiskan juga akan menghasilkan Hambatan bagi arus semakin besar (Hambatan listrik membesar).
Dengan demikian kita bisa menghambat arus listrik itu dengan membuat kawat yang panjang dan mengatur tipis nya (luas penampang) kawat.
Ada faktor ke 3 yaitu jenis kawat.
Jenis kawat tertentu lebih mudah melewatkan arus, sementara kawat yang lain lebih sulit melewatkan arus.
Dalam teori elektron dapat di jelas kan : kawat tertentu daya ika…

Cara menggunakan modul relay dengan arduino UNO.

Material yang di butuhkan:
- Relay module 2 channel
- Arduino UNO.
- kabel jumper male - female

Relay module 2 channel  5V dengan 2 channel output dapat digunakan sebagai saklar elektronik untuk mengendalikan perangkat listrik yang memerlukan tegangan dan arus yang besar. Kompatible dengan semua mikrokontroler khususnya Arduino


Spesifikasi
•    Jumlah Relay : 2
•    Control signal : TTL level (ACTIVE LOW) ini artinya relay akan aktif jika kita memberikan logika LOW ke pin trigger relay (pin in1 /in 2)

Catatan : gambar bisa jadi berbeda dengan fisik relay yang dikirim, tapi pin pin pasti terdiri dari pin Vcc GND dan pin in1/in2 … untuk jumlah channel lainnya maka pin in1 2, dst akan sesuai dengan jumlah channel relay modul
•    Rating arus : 10A 250VAC, 10A 30VDC, 10A 125VAC, 10A 28VDC
•    Contact action time : 10ms/5ms
•    Indikator LED untuk masing masing channel



Catatan : gambar bisa jadi berbeda dengan fisik relay yang dikirim, tapi pin pin pasti terdiri dari pin Vcc GND dan pin in1/in2…