Sunday, September 14, 2014

MENYEMPURNAKAN TEGANGAN DC dari Hasil Penyearahan by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

MENYEMPURNAKAN TEGANGAN DC dari Hasil Penyearahan
Pada bahasan lalu kita sudah mengetahui bahwa dengan 1 dioda dapat digunakan untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, tetapi tegangan DC nya belum sempurna.
Dengan 4 dioda yang di rangkaian jembatan, di dapat tegangan DC yang lebih sempurna, tetapi juga belum maksimal, karena tegangan DC nya naik turun terus.
Bagaimana jika jika di tambahkan Capacitor paralel dengan beban ?
Dengan memparalel R beban dengan Capacitor maka kesempurnaan akan lebih di dapatkan, cara kerja nya adalah sbb. :
1. Penyearah setengah gelombang :
a. Saat titik A positip dan D negatif, maka arus mengalir dari A lewat dioda, ke titik B, saat ke titik B ini arus sekaligus melakukan pengisian Capacitor hingga penuh. Sambil lewat arus nya ke R beban ke titik C dan akhir nya ke titik D. (Arah arus berwarna Biru).
b. Saat tegangan berbalik arah, tidak ada arus mengalir, tegangan pada beban tidak ada (dari trafo), TETAPI pada saat ini Condensator masih menyimpan muatan, dan berfungsi sebagai battery sementara, dan membuang muatan nya ke R beban, dari titik positip nya capacitor ke negatif nya capacitor. Capacitor membuang muatan hingga muatannya habis. (arah arus berwarna merah)
c. Belum habis muatan capacitor tegangan sudah berbalik arah lagi A positip dan B negatif, dan Capacitor di isi lagi, dan seterus nya berulang terus menerus.
Berapa nilai Cap agar tidak cepat habis ? Ada hitungannya tetapi secara prinsip saja : Makin Besar Nilai uF nya makin baik tegangan DC yang di hasilkan nya.
Bentuk tegangan nya sudah mendekati DC sempurna tetapi karena kemampuan Cap mengisi waktu kosong nya tegangan AC di pengaruhi oleh nilau uF dan nilai R beban nya, makin kecil nilai R beban, tugas Cap untuk mengisi kosong tegangan AC makin berat.
Kalau di gambarkan dengan grafik atau di ukur dengan osiloskop akan di dapat tegangan DC hampir sempurna tetapi masih terdapat "kerut kerut tegangan" atau bahas inggeris nya "RIPPLES" seperti tampak pada gambar.
Pada gambar bentuk gelombang : gambar yang atas adalah bentuk gelombang dari titik A dan D (dari Trafo) sedang gambar yang bawah adalah bentuk gelombang dari titik B dan C (pada R beban)



Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, 
Jetis, Bantul 55781.
Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com

0 comments:

Post a Comment

Silakan dikomentari

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India