Post Top Ad

Post Top Ad

PENCATU DAYA TERBELAH (Split Power Supply) by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

PENCATU DAYA TERBELAH (Split Power Supply)
Jika kita merangkai trafo, diode, dan capacitor, sebagai penyearah,maka sesungguh nya kita sudah merangkaian sebuah alat yang dinamakan sehari hari "adaptor", bahasa teknik nya "pencatu daya = pemberi daya (power supply)".
1. Trafo berfungsi sebagai penurun tegangan (step down transformator) sekaligus penyekat terhadap efek setrum.
2. Dioda sebagai pengubah tegangan bolah balik AC menjadi DC.
3. Capacitor penyempurna tegangan DC, atau ada yang menyebut filter tegangan AC (walau cara kerja nya : mengisi dan membuang muatan lsitrik).
Tegangan yang keluar adalah plus dan minus saja, dimana "biasanya" minus di hubungkan ke "ground" semu yaitu body / kotak nya yang terbuat dari logam.
Ada rangkaian elektronik yang memerlukan tegangan Positip, Negatif dan Ground (GND). Contoh nya rangkaian "OP AMP" atau "Power Amplifier" masa kini.
Seperti hal nya kita menseri kan 2 tegangan DC dimana titik tengah nya adalah titik relatif terhadap titik lainnya (seperti hal nya juga CT pada trafo yang pakai CT). Pada gambar titik tengah adalah negatif terhadap yang atas, tetapi positip terhadap yang bawah (gambar 1)
Kita bisa membuat pencatu daya tesebut dengan menggunakan trafo CT tetapi juga menggunakan 4 dioda di rangkai bridge (seperti gambar utama di group ini), atau saya gambar ulang sbb. (gambar 2)
Pencatu daya ini di lapangan biasa di sebut juga dengan nama Power Supply Simetris.



Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, 
Jetis, Bantul 55781.
Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com