Sunday, September 14, 2014

PENYEARAHAN SETENGAH GELOMBANG (half wave rectifying) by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS

PENYEARAHAN SETENGAH GELOMBANG (half wave rectifying).
Dengan sifat sifat diode yang sudah kita kenal, maka dioda dapat kita manfaat kan untuk mengubah tegangan bolak - balik (AC) menjadi tegangan searah (DC). (harap baca kembali definisi tegangan AC dan DC).
Pada gambar dioda dan R beban seri di beri tegangan bolak - balik sinus dari trafo sebesar 12 V efektif atau sama dengan 16 V maks = 16 Vp.
1. Pada saat titik A positip, titik D negatif, maka mengalir arus dari titik A ke titik B, ke titik C dan ke titik D (titik C sebenarnya sama dengan titik D). Maka terjadi pembagian tegangan pada dioda yang hanya 0,8 V dan sebagian besar ada pada R beban 15,2 V.
2. Pada saat titik D positip, dan titik A negatif, arus tidak dapat mengalir karena saat ini dioda mendapat reverse bias. Tegangan semua ada pada diode dan tegangan pada R beban Nol.
3. saat berikut nya kembali ke nomor 1, dan seterusnya.
Dengan cara tersebut pada R beban terdapat tegangan DC ... karena arus hanya mengalir dari B ke C, tidak pernah sebalik nya, HANYA SAJA bentuk tegangan pada R beban masih naik turun tetapi tidak pernah berbalik arah (DC tetapi masih mengandung unsur AC).
Kalau di lihat dengan osiloskop, maka tegangan berbentuk seperti gelombang yang terpotong setengah nya, makanya dinamakan penyearahan setengah gelombang (half wave rectifying).
Bentuk tegangan DC seperti ini disebut tegangan DC berdenyut (Pulsating Direct Current).



Contact Person : Taufik Adi Sanjaya
No HP / Whats App : 0823 2613 3990
PIN BBM 5983E244
Alamat : Jalan Imogiri Timur KM 11, 
Blawong 1 , RT 01, Trimulyo, 
Jetis, Bantul 55781.
Anda membutuhkan komponen elektronik , Arduino, Sensor, Tutorial(paket belajar), jasa pembuatan alat berbasis mikrokontroler, kendali lampu via jaringan LAN, dan sebagainya ? anda dapat membelinya di www.kedaiarduino.com
 www.kedaiarduino.com

Related Posts

PENYEARAHAN SETENGAH GELOMBANG (half wave rectifying) by Sarono Elektronika Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution - AS-GTS
4/ 5
Oleh

Silakan dikomentari