Blog Adi Sanjaya Global Techno Solution

Delphi, Mikrokontroler , Embedded system...Menerima Pembuatan alat berbasis mikrokontroller

LightBlog
Responsive Ads Here

Tuesday, May 9, 2017

Rangkaian LED Pertama

Rangkaian LED Pertama
Ketika belajar pemrogaman, program pertama yang harus dicoba pertama  kali  adalah  memunculkan pesan  "Hello  World!".  Dalam belalajar  mikrokontroller  ternyata  juga  ada,  yang  pertama  kali harus dibuat  adalah  membuat  lampu  LED  berkedip,  LED  berkedip maksudnya adalah flip-flop, hehe. 
LED merupakan kependekan dari Light Emiting  Diode, yaitu diode yang  mampu  mengubah  listrik menjadi  cahaya.  Sebagaimana  sifat diode,  lampu  LED  memiliki  kaki  positif  dan  negatif. Sehingga pemasangannya tidak boleh terbaik, jika dipasang terbalik maka tidak akan ada arus yang mengalir dan LED pun tidak akan menyala.
Arduino bekerja pada tegangan 5-12 volt dengan  arus yang relatif besar  yang  sanggup  memutuskan LED.  Sehingga  jika  kita  ingin menyambungkan  LED,  maka  kita  butuh  tahanan  (resistor) untuk membatasi  arus  yang  masuk  ke  LED.  LED  memiliki  tegangan  kerja yang  disebut dengan forward  voltage  (fv)  yang  mana  tegangan  ini adalah  tegangan  yang  dibutuhkan  LED untuk  bisa menyala  dengan baik.
Ukuran  resistor  yang  bisa  dipakai  adalah  100Ω  hingga  1KΩ  (Ω dibaca  ohm,  satuan  dari resistansi/hambatan),  makin  besar  nilai resistor maka nyala LED akan semakin redup. Pada Arduino, tegangan yang  keluar  dari  pin-pinnya  adalah  0-5  volt.  Sementara  catu  daya untuk Arduino  antara  5-12  volt.  Oleh  sebab  itu,  pemilihan  resistor tergantung tegangan mana yang akan kita gunakan.

Percobaan LED
 Percobaan LED

Silakan  buatlah  Rangkaian  1.1  dengan  langkah-langkah  sebagai berikut:
1.  Pasang kaki positif LED di G4 dan kaki negatifnya di G3,
2.  Setelah itu, hubungkan salah satu kaki resistor pada lubang J3, kemudian  kaki  satunya  ke  lubang di  kolom  pertama  dari kanan,
3.  Ambil kabel  jumper, lalu sambungkan lubang  J4  ke lubang di kolom kedua dari kanan,
4.  Ambil  kabel  jumper,  sambungkan  salah  satu  lubang  di  kolom pertama ke socket GND pada board Arduino,
5.  Ambil  kabel  jumper,  sambungkan  salah  satu  lubang  di  kolom kedua ke socket 5V di board Arduino
6.  Hubungkan USB Arduino ke komputer/laptop.
7.  Selamat!  Anda  sudah  membuat  rangkaian  pertama  Anda dengan Arduino. 
Jika Anda memasangnya dengan benar, maka LED akan menyala. Jika tidak, mungkin kaki dipasang terbalik, silakan diperbaiki.

No comments:

Post a Comment

Silakan dikomentari