Wednesday, May 10, 2017

Update Rangkaian LED

Update Rangkaian LED

Rangkaian Array LED dengan 4 resistor
Rangkaian Array LED dengan 4 resistor

Silakan  update  rangkaian  Arduino  Anda  seperti  rangkain  2.1. Siapkan 4 buah resistor dan 4 buah LED. Siapkan kabel jumper untuk menyuplai  GDN  pada  project board.  Masing-masing  kaki negatif  LEDdihubungkan  ke  GND  dengan  resistor.  Sedangkan  keempat  LED tersebut dihubungkan berturut-turut dengan pin 8, 9, 10, dan 11 pada board Arduino.

Jika Anda tidak memiliki banyak resistor untuk dicoba, maka Anda bisa  menggukaan 1  resistor  saja dengan  rangkaian  seperti  Rangkaian 2.2,  tapi  dengan  konsekuensi  :  suplai  arus  akan  dipakai bersama sehingga  nyala  LED  akan  semakin  redup  (atau  mungkin  LED  tidak akan menyala, tergantung pada LED yang Anda gunakan).

Rangkaian Array LED dengan 1 resistor
Rangkaian Array LED dengan 1 resistor
Pada  rangkaian  2.2,  keempat  resistor  digantukan  dengan  kabel jumper,  kemudian  pasang  1 resistor  untuk  menghubungkan  kolom GND pada project board ke GND pada board Arduino.

Untuk  sekedar  percobaan,  cara  seperti  Rangkaian  2.2  bisa  Anda gunakan.  Tapi  Anda  tidak disarankan  mengaplikasikan  cara  yang kedua  ketika  menggunakan  sensor  sebab  sedikit  banyak akan mempengaruhi kinerja sensor tersebut.
Sketch Animasi LED

Sketch Animasi LED
Sketch Animasi LED
Program  di  atas  akan  membuat  LED  menyala  bergantian sebanyak 5 animasi (perulangan sebanyak 5 kali). Pertama, semua LED akan mati selama 5 detik. Kedua, LED 1 akan menyala. Ketiga, LED 1 dan 2 akan menyala. Keempat, LED 1, 2, dan 3 akan menyala. Kelima, semua LED akan menyala.

Animasi  tersebut  ditentukan  berdasarkan  nilai  i,  nilai  i  diperiksa dengan  perintah  IF.  Jika  nilai i=0,  maka  semua  LED  mati,  jika  i=1 maka satu LED nyala, dan seterusnya.

Selain  menggunakan  IF,  ada  cara  lain  yang  lebih  simpel  untuk membuat  animasi  LED  seperti program  pada  Sketch  2.5.  perhatikan Sketch 2.6:
Sketch Animasi LED Alternatif
Sketch Animasi LED Alternatif
Dengan  memanfaatkan  delay,  program  pada  Sketch  2.6  lebih simple  daripada  Sketch  2.5.  Kira-kira,  apakah  ada  cara  yang  lebih simpel lagi? Ada! Kita bisa menggunakan Array. Apa itu Array?

0 comments:

Post a Comment

Silakan dikomentari

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India